Just another free Blogger theme

Berkah Jaya Sentosa

Workshop: Lokasi di Bogor | Email mkt-berkahjaya@gmail.com | 087872299949
Powered by Blogger.

Search

Loading...

Tuesday, July 30, 2013

Beberapa peralatan pendukung dalam industri garment yang saya ketahui, antara lain adalah:

1.  Gunting 
    Gunting merupakan peralatan yang cukup penting dalam dunia garment. Sesuai dengan fungsinya, gunting berfungsi untuk memotong kain, benang, dll. Ada beberapa macam gunting yang biasa digunakan dalam pengerjaan jasa CMT, diantaranya: 
    a.  Gunting potong, berfungsi sebagai alat untuk pemotong kain;
    b.  Gunting kantong bobok, berfungsi sebagai alat bantu untuk membuat kantong bobok
    c.  Gunting finishing, berfungsi sebagai alat untuk merapikan benang-benang dalam proses trimming

2.  Setrika
     Setrika digunakan dalam rangka merapikan pakaian, atau digunakan dalam rangka menempelkan aplikasi seperti kain keras tempel. Setrika yang biasa digunakan, diantaranya:
     a.   Setrika Uap, berfungsi untuk merapikan pakaian setelah finishing
     b.   Setrika listrik, berfungsi untuk menempelkan aplikasi bahan.

3.  Alat Gulung Benang
   Sesuai dengan namanya, fungsi dari alat gulung benang adalah sebagai alat bantu untuk menggulung benang. Dalam dunia garment, ketika jumlah benang yang dibutuhkan tidak banyak biasanya kita perlu mendistribusikan benang tersebut kedalam gulungan-gulungan yang lebih kecil. Sehingga kita perlu sekali menggunakan alat gulung benang ini sebagai alat bantu untuk memudahkan penggulungan benang. 

4.  Mesin Potong 
     Mesin potong digunakan manakala akan dilakukan proses cutting. Alat mesin potong biasanya digunakan ketika hendak memotong kain dalam jumlah yang besar. Ada dua jenis mesin potong yang saya ketahui:
     a.  Mesin potong dengan pisau berbentuk lingkaran
     b.  Mesin Potong dengan pisau berbentuk panjang
Biasanya insutri garment memakai mesin potong dengan mata pisau berbentuk panjang. Keunggulan dari mesin potong ini adalah dapat memotong sesuai presisi meskipun dalam jumlah yang besar, sementara untuk mesin potong dengan mata pisau berbentuk lingkaran, mempunyai kelemahan tidak dapat memotong dalam jumlah yang besar.

5.   Meja Potong
    Peran dari meja potong dalam industri garment sangatlah vital. Dalam pengerjaan suatu produk massal tentu saja meja potong sangat dibutuhkan. Semakin besar ukuran meja potong akan mempengaruhi efisiensi konsumsi bahan yang akan dipotong. Ukuran meja potong sangatlah bervariasi, dan tidak ada standar baku ukuran meja potong, namun biasanya lebar meja potong paling tidak dapat menampung lebar kain yang akan dipotong. Semakin panjang ukuran meja potong, tentu saja akan semakin baik.
      




Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment